Pilih Template Blog Bawaan atau Instal Template Baru?


Ada dua pilihan ketika kita baru memulai memulai blogging atau membuat blog baru, yakni mempertahankan template bawaan dari blogger.com atau mengubahnya dengan menginstal tema/template hasil download dari pihak ketiga. Ini semua tergantung kepada kebutuhan teman-teman semua, apakah akan digunakan sebagai blog pribadi, blog organisasi, blog berita, atau blog untuk jualan sekalipun. Tulisan ini hanya sekedar sharing dari pengalaman saya selama ini.

Blog Pribadi

Blog pribadi sifatnya ya pribadi, hehe. Terserah teman-teman semua ingin diganti atau dibiarkan saja. Yang jelas tema/template bawaan dari blogger.com bisa saya katakan "ala kadarnya". Bagi teman-teman yang menginginkan tampilan blog yang lebih baik bisa menggunakan jasa pihak ketiga (download template). Teman-teman semua dapat memilih sendiri tema yang diinginkan seperti apa, mulai dari jumlah kolom, warna blog, jumlah widget, dll. Penyedia template gratis yang sudah diakui di dunia maya salah satunya adalah maskolis.com, cocok untuk blog pribadi maupun organisasi.

Blog Non Pribadi

Blog organisasi, blog berita, blog jualan, dan blog lainnya (selain blog pribadi) saya kelompokkan ke dalam blog non pribadi (nggak tau itu EYD-nya benar atau salah, hehe). Pada blog non pribadi ini dibutuhkan tema/template yang lebih profesional, jadi sangat direkomendasikan untuk mengganti template bawaan blogger.com pada pihak ketiga. Sebisa mungkin blog kita menyerupai website. Jika blog yang kita buat adalah blog organisasi, ya sebisa mungkin mirip website organisasi. Jika blog yang akan kita buat untuk jualan, ya sebisa mungkin mirip website untuk jualan. Template dari pihak ketiga ini juga memiliki kelebihan, umumnya SEO Friendly (walaupun ada yang tidak), jadi lebih cepat dan gampang nangkring di posisi teratas pencarian search engine, misal google. Namun bagi kita yang awam, template ini lebih sulit diubah-ubah seperti template bawaan, kecuali kita sudah sangat mahir, hehe.

Pokoknya Saya Tidak Mau Ganti Template!

Itu kembali ke teman-teman semuanya, mau digunakan untuk apa. Saya punya blog lain untuk menawarkan produk dan templatenya bawaan bogger.com. Tapi saya harus mengedit sana-sini agar template tersebut lebih bersahabat dengan para search engine, khususnya google. Alhasil, blog tersebut sekarang nangkring pada halaman satu google untuk kata kunci tertentu.

2 komentar:

Indonesia Belajar mengatakan...

Yah sip lah mas, pengklasifikasian masing-masing,, hehe.

Arief mengatakan...

@Indonesia belajar : iya mas, pokok e intinya "suka-suka saya". hehe

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arief Rahmanuddin