Kenapa Anda Blogging?


Ya, kenapa teman-teman sekalian mau blogging?
Wah, pasti jawabannya sangat beragam ya, mulai dari iseng, hobi, tugas, dll. Disini saya akan share sedikit pemahaman saya tentang blogging.

Blog = Media Sosial?

Disini letak permasalahannya. Hal ini juga mungkin yang akan menjawab kenapa banyak para blogger pemula yang semangat di awal dan tidak lagi di belakang.

Membuat blog itu layaknya membuat sebuah buku (jika blog pribadi) atau sebuah toko (jika untuk berjualan). Sayangnya, "buku" ini terletak di perpustakaan yang memiliki milyaran buku. Jadi, mudahkah mereka akan menemukan blog kita?
Nah, itulah kenapa blog kita sepinya minta ampun, banyak sarang laba-laba, bahkan ada gelandangan tidur disitu (haha, lebay).

Disinilah akan saya luruskan sedikit (sedikit saja kok, jangan khawatir, hehe) pemahaman teman-teman tentang blog. Berangkat dari permasalahan buku nyelip tadi, kita harus membuat blog kita bisa ditemukan oleh mereka yang kita inginkan untuk mampir ke blog kita.

Ada dua opsi yang bisa saya tawarkan, yang pertama membuat blog kita SEO friendly (buat blogger pemula mendingan jangan dulu deh, njelimet, sumpah, haha), nah yang kedua yakni membuat blog dengan konsep jaring laba (kamsudnya apa mas?). Opsi kedua ini dapat dilakukan oleh siapa pun. Jadi kita hanya membuat artikel (seoriginal dan semenarik mungkin) lalu kita share di media sosial layaknya facebook, twitter, google+, dkk. Dengan begitu minimal ada orang yang "nyasar" ke blog kita.

Kuncinya orang mau terus blogging itu cuma trafik, kalau blognya ramai pasti teman-teman semua semangat blogging, begitu juga sebaliknya. Jadi saran saya, terus perbanyak artikel menariknya dan terus share ke media sosial (kalau bisa jangan cuma satu kali share).

Sekian dari saya, semoga bermanfaat, and jaskipsmailing.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Arief Rahmanuddin